Senin, 24 September 2012

Gambaran umum sambungan internet

Gambaran sederhana untuk sambungan ke Internet di perlihatkan pada gambar diatas. Dalam konfigurasi sebuah sambungan ke Internet, terdapat beberapa unsur penting yaitu:
  • Komputer
  • Internet, (biasanya melalui sebuah Internet Service Provider (ISP)).
  • Modem
Ada beberapa jenis modem yang dapat digunakan untuk menyambungkan komputer ke Internet. Masing-masing modem mempunyai karakteristik yang berbeda, misalnya dengan menggunakan modem dial-up, atau dengan menggunakan sambungan melalui kabel telepon.
Pada teknik dial-up.
Modem dipasang di komputer, baik di dalam maupun di luar kotak komputer. Melalui komputer tersebut, kita dapat menelepon tempat akses Internet.
Menggunakan handphone.
Dengan semakin maraknya penggunaan handphone di Indonesia, Internet melalui handphone juga semakin semarak. Hampir semua operator selular di Indonesia memberikan akses Internet sebagai layanan tambahan di jaringan selular mereka. Secara umum, ada dua teknologi yaitu: GPRS dan 3G.
Menggunakan Wireless.
(juga di kenal sebagai WiFi, atau HotSpot). Pada saat ini kebanyakan laptop yang di jual di pasaran telah mempunyai peralatan Wireless Internet, atau lebih di kenal WiFi. Dengan peralatan WiFi yang ada, kita dapat langsung terhubung ke jaringan Interent di tempat-tempat yang tersedia untuk meng-akses WiFi atau dikenal juga sebagai HotSpot, yang tersedia di hotel, restoran, kompleks perkantoran dan di bandara. Biaya Internet biasanya dirasakan terlalu mahal bagi sebagian besar rakyat Indonesia. Teknik-teknik penyambungan Internet yang di jelaskan di atas biasanya akan membutuhkan biaya yang cukup mahal, dan sebaiknya kita jangan menggunakannya apabila keadaan tidak memungkinkan. Karena, biaya yang harus di bayar akan menjadi mahal kalau kita terlalu lama ber-Internet.
Kita cukup beruntung karena teknologi Internet bisa di bagi ke beberapa orang atau ke beberapa komputer agar bisa ber-Internet secara bersama-sama. Dengan cara membagi dari satu saluran ke beberapa komputer, atau ke beberapa orang, atau ke beberapa rumah, maka biaya Internet akan menjadi jauh lebih murah. Teknik ini biasanya digunakan di Warung Internet (WARNET), kantor-kantor, juga sekolah-sekolah yang menyambungkan puluhan komputer melalui sebuah sambungan ke Internet ...

*ada 2 cara utk dapt tersambung ke internet
1. Sambungan perorangan(home user)
digunakan dirumah/kantor menggunakan 1 komputer
2. Sambungan perkantoran (Corporate user)
sekumpulan kompyg terkait dlm sebuah jaringan lokal (LAN) yg tersambung dlm
keceptn
tinggi
banyak komp-router-modem-internet

*sambungan perorangan keinternet ada beberapa alternatif teknologi sambungan yang
banyak digunakan di indonesia:
1. menggunakan modem dial up
2. menggunakan hp.ada 2 :GPRS dan 3G
3. menggunakan wireless

*ciri khas sambungan perorangan keinternet:
1. ada 1komputer
2. tdk beroprasi penuh dalm 1 hari
3. teknik akses terlalu mahal terutama utk membayar pulsa

*teknologi sambungan yang banyak digunakan pd sambungan corporate user:
1. menggunakan modem ADSL/speedy
2. menggunakan wireless internet
3. menggunakan satelit

*ciri sambungan perkantoran ,warnet/ sekolah
1. banyakkomputer tersambung sekaligus ke sebuah sambungan internet
2. proses pemakaian bersama 1 sambungan internet bg banyakkomputer
3. biasanya dibantu menggunakan router
4. sebagian sambungan beroperasi 24jam sehari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar